spot_img

Minimnya Fasilitas Area Tunggu roda dua, Penumpang Roro Dumai – Rupat Kepanasan dan Berdesakan

Wasiatriau.com ( Dumai ) – Sebuah pemandangan yang tidak biasanya di pelabuhan Roro penyeberangan Dumai – Rupat. Pasalnya puluhan penumpang terlihat berdesak desakan saat membeli tiket di loket tiket penyeberangan.  Demikian ujar salah seorang warga Dumai Drs. Syafril disaat ingin berangkat ke pulau Rupat. Kamis pagi, 4 Juli 2024.

Menurut beliau , bukan saja disaat hendak membeli tiket para penumpang berdesak desakan, malah yang lebih menyedihkan disaat penumpang kendaraan roda dua ( motor, red )  menunggu antrian ketika mau berangkat, penumpang terpaksa berjemur dibawah terik panasnya matahari sambil menunggu keberangkatan kapal Roro. Ujar Syafril.

Lebih lanjut beliau menyebut hal tersebut dikerenakan masih kurangnya fasilitas penumpang, terutama pada areal parkir penumpang kendaraan roda dua sementara menunggu keberangkatan Roro.

” Seharusnya pengelola pelabuhan khusus pelabuhan Roro menambah fasilitas lagi, seperti areal parkir kendaraan roda dua di pasang atap, sehingga penumpang yang sedang menunggu keberangkatan tidak kepanasan terik matahari.” Usul beliau.

Pengelola pelabuhan Roro Dumai dapat mencontohkan fasilitas pelabuhan Roro penyeberangan Bengkalis – sei selari , baik pelabuhan penyeberangan Roro Bengkalis maupun di sungai selari, fasilitas areal parkir kandaraan roda duanya refsentatif, seperti lajur parkir cukup, atap area parkir, dan petugas arus lalulintas keluar masuk juga tertata dengan baik, sehingga para penumpang merasa nyaman, aman  dan tidak berpanas saat menunggu kapal Roro berangkat. Terang Drs. Syafril yang kebetulan beliau menjabat sebagai pengurus asosiasi pengusaha Indonesia kota Dumai.

” Kasihan kita melihat masyarakat yang mau berangkat ke pulau Rupat berjemur di tengah terik panas matahari, sementara mereka membayar tiket retribusi dan ongkos kapal Roro, ”

Sebenarnya masih banyak kekurangan fasilitas dan tata kelola pelabuhan Roro yang perlu dievaluasi ulang oleh pengelola, seperti budaya antri dan lain sebagainya, namun yang harus diperhatikan fasilitas penunjang operasional, karena pengelola pelabuhan penyeberangan Roro salah satunya harus memperhatikan dan menjaga kenyamanan, keamanan ketertiban, dan keselamatan penumpang, baik di Darmaga maupun di dalam kapal Roro itu sendiri.

Pemandangan seperti berdesak desakan saat pembelian tiket sangat tidak pantas, jika dilihat orang dari luar daerah, secara tidak langsung dapat merusak citra kota Dumai itu sendiri, sebab keberadaan pelabuhan Roro penyeberangan berlokasi di daerah kota Dumai. Kilah tokoh masyarakat kota Dumai itu.

Beliau berharap kepada pengelola pelabuhan penyeberangan Roro Dumai – Rupat, baik pengelola dari  Dumai, maupun dari kabupaten Bengkalis, serta pengelola dari provinsi Riau, agar dapat menambah sejumlah fasilitas yang dibutuhkan sebagai penunjang kelancaran operasional serta kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang, kandaraan dan barang disaat kegiatan sedang berlangsung. Harapnya mengakhiri.

Ditempat terpisah, awak media Cuba menghubungi pengelola pelabuhan penyeberangan Roro Dumai- Rupat, minta konfirmasi terkait minimnya Fasilitas Roro, namun sampai berita ini diterbitkan, petugas pengelola tersebut belum dapat dihubungi. ( aba )

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles