Kades Sebauk ; Dana Bermasa Tak Cukup 1 M, Harusnya 7 M

0
30

Wasiatriau.com – Kepala Desa Sebauk, kecamatan Bengkalis, Rustam mengatakan dana bermasa tidak cukup 1 Miliyar, Seharusnya 7 Milyar. Demikian ucapan kades pada awak media, Senin 6 November 2022.

Hal itu disampaikan kades sebauk saat ditanya awak media wasiatriau.com di sekitar areal parkir mesjid agung Istiqomah Bengkalis.

Alasan yang disampaikan beliau tidak cukup dengan kebutuhan pembangunan yang ada di desa. Ujarnya polos.

” Jika diibaratkan kain sarung yang pendek, tidak dapat menyelimuti tubuh, jika kepala diselimuti, kaki nampak, begitu juga kalau kaki yang diselimut, kepala nampak “. Ujar Rustam sambil berguru.

Jika dilihat kondisi di lapangan, memang di setiap desa pembangunan dasar menjadi skala prioritas desa, barangkali mengejar ketertinggalan, maka digesa percepatan pembangunan fisik bangunan dan fasilitas umum. Apalagi Jika dilihat perkembangan pertambahan penduduk yang meningkat tajam, tentu harus diiringi dengan fasilitas umum ( fasum ) yang idial dari sebuah desa maju.

Masih ucapan kades sebauk tersebut, dana bermasa sebanyak 1 miliyar bukan untuk pembangunan semua, pembangunan 60 persen, untuk pemberdayaan 32 persen dan untuk pengawasan 8 persen, terang beliau.

Ketika ditanya dana ADD apakah tidak bisa dimasukkan kedalam biaya pembangunan desa, beliau menjawab anggaran dana desa untuk biaya rutin, seperti biaya honor desa, Kepala Dusun, RT, RW, OPD, LPM, dan lainnya.

Demikian bincang bincang awak media dengan kepala desa Sebauk, kecamatan Bengkalis.

Meskipun beliau agak enggan memberi nomor telpon, namun pembicaraan yang cukup terbatas tersebut dapat menjadi pegangan awak media terkait anggaran bermasa tidak cukup 1 M pertahun, dan sekaligus sebagai referensi wartawan kepada desa lainnya.

Mungkin saja desa lain menganggap hal yang sama, tapi tidak mau menyebutnya dengan wartawan, atau memang kepala desa yang lainnya sudah merasa mampu membenahi pembangunan desa dengan dana bermasa sebesar 1 Miliyar, Karena mereka merasa mampu mencari dana lain melalui program kementerian RI dan atau  anggaran dari Povinsi Riau. ( aba )

LEAVE A REPLY