Banyak Aset Bekas Bangunan Pemerintah Bengkalis yang Tidak Dipakai, Sebaiknya Diperdayakan

0
537

Wasiatriau.com- Banyak bekas  bangunan Pemerintahan Daerah Tingkat Dua (DATI II) red, Kabupaten Bengkalis, yang  tidak dipakai.  Demikian pantauan wartawan di sekitar kota Bengkalis.

Diketahui bahwa bangunan tersebut adalah bekas bangunan kantor dan fasilitas umum yang digunakan oleh instansi pemerintah daerah tingkat dua ( DATI II ) Kabupaten Bengkalis dulunya.setelah otonomi daerah tahun 1999, Pemerintah daerah khususnya di kabupaten Bengkalis mulai melakukan program percepatan pembangunan.

Satu persatu bangunan pemerintah daerah dati II ditinggalkan, karena sudah dibangun fasilitas yang baru yang lebih bagus dan refsentatif, apalagi bekas bangunanya juga sudah tidak layak dipakai untuk sarana perkantoran.

Bekas bangunan perkantoran dan fasilitas umum lainnya yang ada di kota Bengkalis, bukan hanya milik Pemerintah Kabupaten Bengkalis, tapi ada juga bangunan tersebut milik instalasi vertikal, milik kementerian dan BUMN.

Oleh karena bekas bangunan lama tidak dipugar ataupun direnovasi kembali,maka kota Bengkalis terkesan seperti kota tua malah ada yang tidak terurus, bangunan sudah lapuk dan halamannya bersemak.

Seharusnya bangunan yang sudah tidak layak digunakan lebih baik dirobohkan dan jika belum diperlukan, dirawat agar tidak bersemak, sehingga tidak menggangu keindahan kota Bengkalis, dan bangunan yang masih layak pakai namun tidak ada instansi yang menempatinya, karena sudah memiliki fasilitas, lebih baik dipergunakan pinjam pakai untuk kegiatan organisasi kemasyarakatan, UMKM, organisasi profesi dan organisasi Kedaerahan.

Diketahui bernama bahwa organisasi yang ada di daerah merupakan aset daerah itu sendiri, sebagai mitra pemerintah daerah, sebaiknya bangunan yang tidak dipakai, dipinjam pakai kepada organisasi tersebut. ( Aba )

LEAVE A REPLY