Toilet di Taman Andam Dewi Tidak Layak Pakai Tak Kunjung Diperbaiki

0
612

Wasiatriau.com – Sungguh miris melihat kondisi toilet di  area taman andam Dewii.  Kenapa tidak, sebab sudah tidak layak lagi untuk digunakan, namun belum direnovasi sebagaimana layaknya fasilitas umum di kawasan wisata atau publik area.

Biasanya di kawasan wisata atau tempat yang ramai dikunjungi pengunjung baik dari warga lokal maupun dari luar daerah, pengelola menyediakan fasilitas umum, seperti kamar  atau toilet umum untuk ladies and gentleman ( red ), pos penjaga sebagai pusat pelayanan informasi dan fasilitas tempat ibadah yang repsentatif, sehingga pengunjung merasa nyaman dan puas berkunjung di tempat tersebut.

Berdasarkan pantauan awak media, hampir selama setahun kondisi toilet tersebut tak layak lagi digunakan untuk buang air besar ( BAB ), namun sampai saat ini, berita ini diterbitkan tak kunjung diperbaiki. Rabu, 26 Oktober 2022.

Diketahui bersama bahwa toilet tersebut merupakan salah satu fasilitas umum yang tersedia di sekitar taman, dan ramai orang yang kebetulan berkunjung di areal tanam andam Dewi untuk bersantai santai sambil menikmat suasana sejuk karena rimbunya pepohonan yang ada di area taman, namun mereka kecewa dengan kondisi fasilitas umum yaitu toilet yang tidak layak pakai tersebut.

Seperti yang dialami oleh salah seorang pengunjung dari luar daerah yang mau ke toilet , karena mungkin dianggap tak layak dipakai, mereka satu keluarga terpaksa pergi ke swalayan yang tidak berapa jauh dari situ.

Begitu juga dengan pengunjung lainnya, saat masuk waktu shalat Maghrib, mereka ingin menunaikan sholat fardhu Maghrib di surau taman andam Dewi, oleh karena air wuduk tidak ada, untung ada air PDAM di warung keluiner milik pak Edi di sebelah surau tersebut,  namun tempat wudhuk di warung tersebut tidak selayaknya tempat air di musholla, dan mesjid.

Hampir setiap bulan ada saja acara di lapangan tugu Bengkalis, bagi peserta yang datang dari luar pulau Bengkalis, setelah acara selesai, salah satu tempat istirahat yang dekat dengan lapangan tugu yaitu di area taman andam Dewi, mereka melepaskan lelah mengikuti acara, lokasi taman andam Dewi merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati citarasa kuliner pedagang yang berjualan di dalam area taman.

Jika fasilitas umum yang ada di taman tidak segara di renovasi, sudah tentu akan merusak citra kabupaten Bengkalis yang kononnya berpredikat sebagai kota bersih.

Seharusnya fasiltas umum ( fasum ) yang ada di area taman andam Dewi menjadi perhatian serius instansi terkait. Pasalnya keberadaan areal tersebut di dalam pusat kota, dekat dengan lapangan tuga, jika ada acara pemerintah kabupaten Bengkalis dan acara yang diselenggaran oleh kelompok masyarakat lainnya tentu ramai dikunjungi warga setempat dan dari luar daerah.

Ketika awak media mencoba menemui instansi terkait meminta konfirmasi terkait fasilitas umum di lokasi taman andam Dewi yang kurang repsentatif, namun awak media belum dapat menemui. ( aba )

 

 

LEAVE A REPLY