Tausiyah subuh Ahad mengangkat tema Ciri ciri Pengikut Rasulullah

0
13

Wasiatriau.com – Ceramah agama yang digelar setiap Subuh Ahad, setelah selesai menunaikan sholat subuh, di mesjid agung Istiqomah, Ahad 18 September 2022.

Kegiatan tausiyah subuh Ahad merupakan kegiatan rutin, menghadirkan mubaligh mubaligh yang menyampaikan tausiyah bukan hanya para imam mesjid Istiqomah, tapi juga para ustadz yang diundang untuk menyajikan tausiyah dengan tema yang berbeda.

Seperti apa yang disampaikan ustadz ini, menyajikan tema ” Ciri ciri orang pengikut Rasulullah Saw”.

Menurut beliau, ciri ciri pengikut Rasulullah Saw ada 4, antara lain: Tegas membuat keputusan terkait menyangkut aqiqah, ia mencontohkan pada zaman Rasulullah mensyiarkan Islam di kota Mekah, orang orang Quraisy Mekah menawarkan kepada Rasulullah Saw, demi menjaga kerukunan sesama orang Mekah,  mereka mengajak Rasulullah bergantian melakukan ibadah, ketika Rasulullah beribadah kepada Allah, maka mereka juga akan mengikuti ibadah bersama Rasulullah, dan sebaliknya ketika mereka melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaan nenek moyang orang Quraisy maka Rasulullah dan pengikutnya harus ikut bersama sama beribadah seperti mana mereka beribadah.

Rasulullah Saw menjawab dengan tegas menolak permintaan kaum Quraisy, bahwa dalam menjalankan ibadah tidak mengenal berkongsi, jawaban beliau dengan tegas, Kaum Quraisy silahkan melakukan ibadah sesuai dengan keyakinannya, dan ummat Islam akan melakukan ibadah kepada Allah sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Berdasarkan surat Al kafirun, Wahyu Allah diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai petunjuk dan peringatan kepada ummat Muhammad, betapa pentingnya menjaga dan berpegang teguh akidah di dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya menyebutkan melihat ciri ciri pengikut Rasulullah Saw itu. Mencintai saudaranya seperti mana dia mencintai dirinya sendiri.

Pernah disuatu ketika dalam salah satu peperangan, ada beberapa orang ummat Islam terluka, lalu dibaringkan di suatu tempat, salah satu dari mereka meminta air, karena terluka parah, lalu rombongan pasukan memberikan air, namun belum lagi orang yang terlukis itu meminum air yang dimintanya, terdengar suara rintisan disebelahnya meminta air, lalu orang yang pertama yang mendapatkan air langsung dengan rasa belas kasihan memberikan air yang ada di pelukannya itu, ketika orang yang kedua baru saja meminum beberapa teguk air yang baru diberi orang pertama tadi, terdengar pula teman yang berbaring disebelahnya juga terluka meminta air, karena kasih sayangnya sesama saudara seaqidah sudah tertanam dalam dirinya, maka dengan rasa ikhlas orang tersebut menyerahkan kendi air kepada saudaranya yang lagi membutuh air karena kehausan, sementara yang memberikan air tersebut belum merasa hilang dahaganya.begitulah kasih sayang yang telah tertanam dalam jiwa raga ummat Islam yang mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.

Hanya mengharap keridhaan Allah SWT, itulah salah satu tanda  ciri ciri pengikut Rasulullah, jika ia beribadah hanya mencari Redho Allah,  ( aba )

 

LEAVE A REPLY